Sabtu, 17 Desember 2011

Hari Nusantara, Indonesia Siap Jadi Negara Maritim

Oleh Olivia Lewi Pramesti

Dalam peringatan Hari Nusantara ke-12 yang jatuh pada Selasa (13/12), Indonesia siap menjadi negara maritim. Untuk memenuhi komitmen tersebut, menjaga keuntuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia mutlak diperlukan.
Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pertahanan Indonesia, Purnomo Yusgiantoro, dalam pidatonya yang dibacakan oleh Irup Kolonel Laut Aloysius Pramono dalam peringatan Hari Nusantara ke-12 hari ini di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.


“Pada konsep wawasan nusantara meneguhkan tekad bahwa Republik Indonesia adalah negara kesatuan yang tidak terpisahkan secara geografis, yaitu terdiri dari ribuan pulau-pulau besar dan kecil,” katanya.

Sebagai negara kepulauan, perairan laut Indonesia yang terletak di antara beribu-ribu pulau dinyatakan sebagai laut Nusantara. Dan demikian merupakan wilayah kedaulatan mutlak NKRI.


Melalui Hari Nusantara ini, Pemerintah berharap wawasan nusantara harus diwujudkan ke dalam bentuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air, rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara. Masyarakat Indonesia perlu menyatukan negara kepulauan baik dari segi politik, ekonomi, sosial, buday,a dan Hankam.


"Kita harus mengunakan budaya bahari dan mengoptimalkan perairan laut kita sebagai penyatu ekonomi dan sumber kekayaan alam yang berlimpah,"paparnya.


Pemerintah pun akan berusaha untuk memperkuat batas-batas wilayah negara secara jelas, serta memberdayakan pulau-pulau terluar. Tak hanya itu, keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia akan ditingkatkan demi kesejahteraan rakyat.

sumber: ngi.