Jumat, 23 Desember 2011

Strategi Pengembangan Berkelanjutan Budidaya Rumput Laut


AL’ AMIN B. HASAN, Strategi Pengembangan Berkelanjutan Budidaya Rumput Laut Eucheuma cottonii Di Kabupaten Barru (dibimbing oleh Aris Baso dan Andi Adri Arief).
Penelitian bertujuan (1) Menganalisis tingkat kelayakan finansial usaha rumput laut, (2) Menganalisis pemasaran usaha rumput laut, (3) Menentukan strategi kebijakan pengembangan berkelanjutan budidaya rumput laut di Kabupaten Barru.

Metode penelitian adalah observasi, interview, participatory rapid appraisal,focus group discusion.Analisis data:finansial,ekonomi dan
SWOT
Hasil penelitian: NPV= Rp.2.080.072.312, IRR= 33,51%, Net B/C ratio=2,21. Strategi pengembangan berkelanjutan : a. Penerapan metode longline, rakit apung dan lepas dasar pada perairan lepas pantai, b. Membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB), c. Penataan lahan dan desain konstruksi metode budidaya pada perairan lepas pantai, d. Peningkatan peran masyarakat dalam pengembangan budidaya rumput laut, e. Melakukan bimbingan tentang teknis budidaya dan pemilihan bibit, pascapanen dan manajemen usaha, f. Penguatan modal dengan sistem bergulir dan kredit dengan subsidi bunga, g. Melakukan pengaturan jadwal tanam rumput laut, h. Membangun industri rumah tangga rumput laut, i. Membuat rencana lokasi dan pelaksanaan budidaya dengan melibatkan stakeholders. j. Membuat tata ruang / zonasi wilayah pesisir dan laut, k. Membentuk kemitraan antara pembudidaya dengan pengusaha.

Kata kunci : Analisis finansial, ekonomi dan SWOT

Jika ingin menggunakan sebagai pustaka:

Al'Amin. 2011. Strategi Pengembangan Berkelanjutan Budidaya Rumput Laut Eucheuma cottonii Di Kabupaten Barru. [Tesis]. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.