Kamis, 05 Januari 2012

contoh surat lamaran


Banyak pelamar kerja yang baru atau alumni baru (freshgraduate) dari institusi pendidikan biasanya masih kebingungan untuk membuat surat lamaran kerja atau surat permohonan untuk bekerja di suatu institusi. Padahal surat ini menjadi satu-satunya senjata ampuh untuk menyampaikan keinginan kita secara tertulis kepada institusi atau perusahaan yang kita minati. Beruntunglah apabila kita terbiasa dalam kegiatan organisasi yang membiasakan untuk menulis surat secara formal, oleh karena format surat lamaran ini hampir sama dengan format surat formal lainnya. Namun demikian saat ini merupakan era yang terbuka, dengan hanya meminta mesin pencarian semacam google dan yahoo, maka semuanya dapat kita pelajari.

Beberapa waktu lalu penulis juga membuat surat lamaran, Oleh karena itu sekedar berbagi pengalaman agar memudahkan terdapat beberapa tips untuk menulis surat lamaran yang baik.

Berikut beberapa tips membuat surat lamaran:
(1). perhatikan instruksi yang dikehendaki tempat kita akan melamar (apabila tersedia persyaratan), (2). surat lamaran kerja ini biasanya di tulis tangan rapi dan bersih, menggunakan huruf kapital (gunakan alat bantu supaya tulisan kita rapi, biasanya menggunakan kertas bergaris yang dijadikan alas di bawah kertas lamaran yang akan digunakan), (3). nama lengkap dan identitas pribadi harus jelas, (4). pelajari tata bahasa yang sopan dan baku, (5). perhatikan jabatan atau posisi yang dikehendaki, (6). cantumkan persyaratan sebagai pertimbangan yang diikut sertakan dalam amplop, (7). bubuhkan tanda tangan dengan mengenai materai (contoh dapat di download), (8). jangan sampai telat untuk mengirimkannya ke alamat yang telah direkomendasikan.

Agar tidak kebingungan lagi, sebagai contoh untuk membuat surat lamaran yang lebih jelas langsung saja mendownload format surat lamaran berikut. Semoga Bermanfaat.

download contoh surat lamaran